Kamis, 30 Juli 2009

Sagu Keju


SAGU KEJU
Buku Resep Sedap - 52 Kue Populer

Bahan :
220 gr tepung sagu + 100 gr untuk cadangan
100 gr margarine
100 gr gula tepung
1 kuning telur
75 gr keju edam parut halus
35 ml santan kental instan


Cara membuat :

  1. Sangrai tepung sagu selama 10 menit diatas api kecil hingga tepung terasa ringan. Angkat, dinginkan dan ayak, timbang 180 gr.
  2. Kocok margarine dan gula tepung selama 40 detik, tambahkan kuning telur, kocok rata.
  3. Masukkan tepung sagu sambil diayak dan diaduk rata, tambahkan keju edam, aduk rata lagi, tuang santan, aduk rata kembali. Cek apakah adonan sudah tepat konsistensinya untuk di spuit, apabila masih lembek, tambahkan tepung sagu sangrai secukupnya.
  4. Semprot dengan spuit di loyang yg beralaskan baking paper atau silpat (alas silikon), sebaiknya tidak diatas loyang yg diolesi margarine, hal ini menghindari adonan meleber saat di oven krn pengaruh margarine yg terkena panas.
  5. Oven selama kurang lebih 20 menit dengan suhu 150C atau 300F sampai matang.
  6. Selamat mencoba..
Tips dari Wenny :
  1. Pastikan tepung sagu yang sudah disangrai benar2 dingin sebelum digunakan, hal ini untuk menghindari adonan meleber saat di oven dan bentuk kue kering tetap cantik.
  2. Fungsi tepung sagu disangrai sebelum digunakan adalah untuk mengurangi kadar air yang terkandung didalam tepung sagu agar supaya kue sagu jadi renyah.
  3. Wenny tambahkan 50gr tepung sagu sangrai (diambil dari 100 gr tepung sagu yang telah disangrai) untuk cadangan, just in case adonan lembek supaya didapatkan konsistensi yg pas utk dispuit supaya adonan tidak meleber saat di oven (hal ini berdasarkan pengalaman Wenny sendiri).
  4. Wenny menggunakan suhu 275F selama 30 menit. Hal ini tergantung dari suhu tiap2 oven yang berbeda-beda karakternya. Silahkan kenali oven masing-masing.

Tidak ada komentar: